Sebanyak 498 item atau buku ditemukan

Filsafat Tauhid Ilmu Pengetahuan

Buku ini membahas bagaimana kita sepatutnya bersikap (berperilaku) sebagai makhluk (yang diciptakan) ALLAH terhadap semua objek bio atau nonbio ciptaan ALLAH SWT di alam semesta ini melalui observasi, pikir, dzikir, syukur, eskperimen dan riset untuk memahami dan menguak berbagai fenomena yang tampak maupun yang tersembunyi serta untuk memberi solusi ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kepentingan kemaslahatan yang berkelanjutan serta untuk optimasi ibadah manusia kepada Penciptanya.

Ilmu yang sangat luas itu tidak memungkinkan orang dapat menguasai seluruhnya. Suatu bagian ilmu pengetahuan yang dikuasai seorang Ilmuwan hanya mencakup daerah ilmu terbatas yang disebut Bidang Ilmu. Seorang ahli atau pakar dapat ...

Pengantar Lengkap Ilmu Komunikasi Filsafat dan Etika Ilmunya Serta Perspekfif Islam

Buku ini membahas ilmu komunikasi dalam perspektif filsafatnya, etikanya, dan perspektif Islam. Ilmu komunikasi memiliki peran besar dalam membangun pola berpikir di masyarakat karena itu para pencinta dan pengguna ilmu harus mengolaborasi antara aspek keilmuan dan kearifan lokal serta agama. Diharapkan penggunaan ilmu ini, seperti dalam praktik komunikasi politik, public relations atau komunikasi pemasaran, tetap dalam koridor titik harmoni bangsa, yakni Pancasila. Pancasila sendiri merupakan perwujudan nilai-nilai agama. Agama menjadi bahasan yang harus selalu menyertai pengembangan dan penggunaan ilmu karena sumber segala ilmu adalah Allah. Rasionalitas manusia dalam pengembangan ilmu harus ditempatkan sesuai dengan rasionalitas Allah sebagai Pencipta. Buku ini penting sebagai sarana introspeksi perilaku-perilaku komunikasi era digital agar juga tidak meninggalkan adab atau etika komunikasi yang diajarkan agama dan kearifan bangsa ini agar tidak muncul bencana komunikasi. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia

Buku ini membahas ilmu komunikasi dalam perspektif filsafatnya, etikanya, dan perspektif Islam.

Filsafat Ilmu

Berdasarkan Kurikulum Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)

Filsafat ilmu merupakan ‘induk’ dari ilmu pengetahuan yang mendasari logika, bahasa, matematika, dan ilmu lainnya. Oleh karena itu, filsafat ilmu merupakan mata kuliah wajib pada program Sarjana, Magister, dan Doktor. Terkhusus bagi mahasiswa program sarjana, filsafat ilmu diperlukan agar memiliki wawasan mendasar mengenai ilmu pengetahuan. Walaupun buku ini disusun dengan pertimbangan menjadi bahan ajar untuk mahasiswa Program Sarjana, yang kedalaman materi lebih sederhana dan disesuaikan dengan perkembangan wawasan mahasiswa, tetapi struktur penyajian disesuaikan dengan pertemuan perkuliahan mahasiswa dan dosen, serta Silabus dan RPPS yang meteri-materinya disesuaikan dengan program-program pemberdayaan dan daya saing, dengan mengacu kepada Kurikulum Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT).

Filsafat ilmu merupakan ‘induk’ dari ilmu pengetahuan yang mendasari logika, bahasa, matematika, dan ilmu lainnya. Oleh karena itu, filsafat ilmu merupakan mata kuliah wajib pada program Sarjana, Magister, dan Doktor.

Petunjuk, Perencanaan, dan Pelaporan Penilaian - Kurikulum 2013 Untuk Guru SD

Memiliki kemampuan pengajaran dan penilaian merupakan bagian dari standar kompetensi seorang guru pada ranah profesional dan pedagogi. Namun berdasarkan hasil kajian intensif dari beberapa pelatihan pada sekolah dasar (SD) di Jawa Barat masih meninggalkan beberapa persoalan, salah satunya kemampuan guru dalam mengolah penilaian. Meskipun guru-guru SD sudah melewati masa transisi pada pelaksanaan Kurikulum 2013, namun kenyataannya teknik penilaian yang dilakukan masih memiliki kendala. Kemudian salah satu cara untuk mengukur kemajuan kualitas hasil pembelajaran oleh guru ditentukan oleh sejauh mana terlaksananya sistem penilaian yang komprehensif dan bermutu sesuai panduan Kurikulum 2013 Revisi 2016, mulai dari menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan pengolahan penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh guru. Untuk memahami dan mengimplementasikan penilaian yang komprehensif dan sesuai dengan panduan, melalui buku ini penulis berusaha menyajikan buku petunjuk penyusunan administrasi, mulai dari penyusunan perencanaan, hingga pengolahan administrasi penilaian hasil belajar. Secara substansi pokok pembahasan pada buku ini berisi, perencanaan penilaian berupa kisi-kisi penyusunan soal, penyusunan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS), penyusunan KKM sekolah, penyusunan daftar nilai sikap, penyusunan daftar nilai pengetahuan berupa tes tertulis, tes lisan, dan tes penugasan, juga penyusunan daftar nilai keterampilan berupa tugas proyek, produk dan penilaian keterampilan portofolio, analisis hasil evaluasi, remidial dan pengayaan serta penilaian oleh satuan pendidikan. Di samping itu, dalam buku ini diuraikan cara pengisian rapor. Petunjuk tersebut bertujuan untuk memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian, mengolah dan memanfaatkan hasil penilaian, serta membuat laporan pencapaian kompetensi peserta didik. Secara umum ini buku akan mengarahkan pembaca khususnya guru kepada proses implementasi secara langsung, sehingga para pembaca akan dengan mudah mempraktikkan secara langsung tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, hingga penilaian hasil belajar peserta didik. Mudah-mudahan bermanfaat dalam meningkatkan kinerja serta profesionalisme guru dalam merencanakan, melaksanakan dan mengolah nilai hasil belajar peserta didik. Kami menyadari bahwa buku petunjuk penilaian ini masih perlu penyempurnaan, walaupun telah melalui proses dan prosedur yang tertata. Oleh karena itu, segenap saran dan kritik yang bersifat membangun akan kami terima dengan senang hati. Semoga Buku Bahan Ajar/Modul ini dapat digunakan sebagai salah satu bahan pembelajaran.

Pelaksanaan Pengajaran Remedial Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas II Sekolah Dasar Negeri 1 Sedayu Bantul . Yogyakarta : SKRIPSI Masrukhin . ( 2012 ) . Pengembangan Sistem Evaluasi Pendidikan Agama Islam .