Sebanyak 571 item atau buku ditemukan

Material Teknik

Buku ini mengandung bahan yang dapat digunakan oleh berbagai disiplin ilmu yang mempelajari material teknik. Pengguna buku ini adalah para mahasiswa dibidang teknik. Meskipun buku ini ditujukan untuk berbagai disiplin ilmu dan untuk berbagai tingkat pendidikan, banyak fakultas yang memiliki spesialisasi pengajaran dibidang pengetahuan tentang material dan material teknik untuk pendidikan non-gelar dan maupun gelar Sarjana (S-1) menggangap materi yang disampai-kan dalam buku ini sangat bermanfaat. Pengembangan pengetahuan material teknik cocok untuk para professional. Mengapa buku ini kami tulis untuk kalangan profesional karena sebagian besar mahasiswa kami adalah para profesional yang bekerja dibidang manufaktur maupun di bidang-bidang lain yang berdekatan. Buku ini di-desain dengan sangat modular, terdiri dari 8 bab yang independen. Setiap bab menguraikan karakteristik dari setiap material-material yang masing-masingnya merupakan bagian yang spesifik dari material teknik. Manfaat utama dari pendekatan yang modular ditunjukkan dalam setiap bab yang dapat digunakan secara terpisah dari bagian – bagian buku lainnya. Dengan cara ini, para pengajar, mahasiswa dan kalangan praktisi dapat dengan mudah mengambil material-material yang menurut mereka berguna. Buku ini membahas tentang sifat-sifat material, material logam dan material non logam, struktur kristal material, keramik, polimer dan material komposit. Pada keseluruhan bagian buku ini kami memperbaharui data dan contoh-contoh, dan menambahkan wawasan dan hasil penelitian dan inovasi terbaru.

Buku ini mengandung bahan yang dapat digunakan oleh berbagai disiplin ilmu yang mempelajari material teknik. Pengguna buku ini adalah para mahasiswa dibidang teknik. Meskipun buku ini ditujukan untuk berbagai disiplin ilmu dan untuk ...

Pemrograman python untuk ilmu komputer dan teknik

Manajemen Sumber Daya Manusia Kekepalasekolahan “Melejitkan Produktivitas Kerja Kepala Sekolah dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi”

Sekolah sebagai lembaga pendidikan bertugas menyelenggarakan proses pendidikan dan proses belajar mengajar dalam usaha untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Ditinjau dari komponennya, ada beberapa unsur atau elemen utama dalam organisasi sekolah/madrasah. Unsur-unsur tersebut meliputi: (1) sumber daya manusia, yang mencakup kepala sekolah, guru, pegawai administrasi, dan siswa, (2) sumber daya material, yang mencakup peralatan, bahan, dana, dan sarana prasarana lainnya, (3) atribut organisasi, yang mencakup tujuan, ukuran, struktur tugas, jenjang jabatan, formalisasi, dan peraturan organisasi, (4) iklim internal organisasi, yakni situasi organisasi yang dirasakan personel dalam proses interaksi, dan (5) lingkungan organisasi sekolah. Keberhasilan organisasi sekolah banyak ditentukan keberhasilan kepala sekolah dalam menjalankan peranan dan tugasnya. Peranan adalah seperangkat sikap dan perilaku yang harus dilakukan sesuai dengan posisinya dalam organisasi. Peranan tidak hanya menunjukkan tugas dan hak, tapi juga mencerminkan tanggung jawab dan wewenang dalam organisasi. Dalam hal ini kepala sekolah sebagai seseorang yang diberi tugas untuk memimpin sekolah, kepala sekolah bertanggung jawab atas tercapainya tujuan sekolah. Kepala sekolah diharapkan menjadi pemimpin dari inovator di sekolah. Oleh sebab itu, kualitas kepemimpinan kepala sekolah adalah signifikan bagi keberhasilan sekolah. Kepala sekolah perlu memiliki kemampuan untuk memberdayakan seluruh sumber daya manusia yang ada untuk mencapai tujuan sekolah. Kepala sekolah berada di garda depan untuk menggerakkan kegiatan dan menetapkan target sekolah/ madrasah. Keputusan-keputusan penting yang berdampak besar bagi organisasi (sekolah/madrasah) terlahir darinya. Maka, eksistensi dan fungsi kepala sekolah sangat penting untuk dikaji, dirumuskan, dan dikembangkan guna memenuhi harapan publik akan terwujudnya lembaga pendidikan yang bermutu. Profesionalitas kepala sekolah menjadi syarat mutlak terwujudnya sekolah/madrasah yang berdaya saing tinggi. Kalau kepala sekolah pasif, apatis, dan miskin ide, maka sekolah akan mengalami kemunduran. Oleh karena itu, jangan meremehkan posisi kepala sekolah. Karena, sebaik apapun sistem yang dibangun, kalau pemimpinnya buruk, maka akan sulit melakukan perubahan signifikan dalam organisasi. Terlebih jika pemimpin yang berfungsi sebagai penjaga gawang organisasi tidak proaktif, bahkan sangat suka mempertahankan status quo dan menutup peluang pembaharuan. Di sinilah urgensinya mengembangkan kualitas kepala sekolah agar mampu memimpin sekolah/madrasah secara dinamis, kompetitif, dan produktif sesuai tantangan zaman. Peran kepala sekolah seperti ini menunjukkan bahwa mereka memiliki dua peran besar dalam melaksanakan tugasnya, pertama sebagai manajer dan kedua sebagai pemimpin. Kepala sekolah sebagai pemimpin tertinggi di sekolah, sangat berpengaruh bahkan sangat menentukan terhadap kemajuan sekolah, sehingga kepala sekolah mempunyai wewenang yang lebih luas dalam menentukan pencapaian tujuan yang mengarah pada keberhasilan serta peningkatan mutu pendidikan. Buku Manajemen Sumber Daya Manusia Kekepalasekolahan ini merupakan pengembangan dari Bab 1, 2 dan 3 Disertasi yang berjudul “Pengaruh Kompetensi, Motivasi Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja serta Implikasinya pada Produktivitas Kerja Kepala Sekolah di Madrasah Tsanawiyah Propinsi Lampung” yang penulis susun guna menyelesaikan pendidikan Program Pascasarjana Strata Tiga (S-3) Ilmu Manajemen, konsentrasi Manajemen SDM pada Universitas Persada Indonesia (UPI) Y.A.I Jakarta.

A. Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen terdiri dari enam unsur (6M) yang meliputi man, money, materials, machines, method, dan market. Selanjutnya unsur man (manusia) ini berkembang menjadi suatu bidang ilmu manajemen ...

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Ketika terbangun di subuh hari maka akan terngiang di otak dan hati kita apa yang harus kita lakukan subuh ini dan men­coba mengingat apa yang sudah direncanakan semalam. Setelah bergegas salat subuh kemudian melakukan aktivitas rutin lainnya, lalu menginventori peralatan atau pendukung kita ke tempat akti­vitas kita selanjutnya. Kemudian sekitar jam tujuh pagi hari ke tempat kerja sesuai rencana kita semalaman, di tempat kerja me­lakukan rutinitas sembari menyelesaikan apa yang belum ter­se­lesaikan kemarin atau memperbaiki pekerjaan kemarin yang belum terselesaikan. Aktivitas di atas merupakan proses pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen secara manajerial. Dimana manajemen ini pada dasarnya sudah seusia dengan peradaban manusia, tetapi barulah dipelajari sebagai ilmu tersendiri pada beberapa abad terakhir. Seperti ilmu-ilmu yang lainnya, manajemen juga mengalami per­kembangan yang sangat pesat sehingga manajemen di bagi ke­banyak cabang seperti manajemen organisasi, manajemen ope­ra­sional, manajemen resiko, manajemen pemasaran, mana­je­men sumber daya manusia (MSDM), dll. MSDM pada dasarnya sudah muncul di tahun 1940-an de­ngan istilah manajemen kepegawaian atau manajemen per­sonalia. Manajemen kepegawaian ini membahas tentang penge­lolaan sumber daya manusia tetapi masih dalam cakupan kecil yaitu yang berada di dalam organisasi. Tetapi pada tahun 1960-an dikembangkan menjadi MSDM, yang cakupannya sudah sangat meluas karena membahas tentang sumber daya manusia di dalam dan luar organisasi, sehingga karena dipandang perlu maka peru­sahaan-perusahaan berskala besar dan menengah mengadakan departeman SDM yang terpisah dari departemen lainnya.

... (diakses tanggal 10/08/2018) http://www.bidanerien.com/2018/03/aplikasi-sisteminformasi-geografis-sig.html https://www.finansialku.com/manajemen-sumber-dayamanusia/ (diakses tanggal 10/08/2018) ...

Basic academic writing

This book was designed to respond a lot of academically challenges for professioal laborers (lecturers, teachers, applicants etc.), students at universities and senior high sechool levels in writing an essay. The author believes in all of readers who gradually recite ad apply these techniques of this book will easily explore their ideas in academically writing. The contents of this book was devided into twelve units (writing process, sentence variety, paragraph format, fact and opinion paragraph, cause and effect paragraph, comparision and contrast paragraph, definition paragraph, references and quotation, effective writing, outlining an essay, essay writing and writing model) which present some teories and exercises of each one from experts. It helps beginners who want to develop and measure their essay writing skills. Beside that, it also requires some critically advices from readers to be revised in the next edition.

WRITING PROCESS Writing skill guides us to reach the goals of the effective in writing skill. As a writer, the students have to following steps (Langan, 2010) that devided writing process into four steps such as; Prewriting, Writing the ...