Sebanyak 130 item atau buku ditemukan

Etika Profesi Keguruan

Buku yang berjudul “Etika Profesi Keguruan” ini berisi tentang banyak hal diantaranya konsep dan teori etika, konsep dasar teori keguruan, organisasi profesi keguruan, kompetensi guru, hak dan kewajiban guru, kode etik guru Indonesia, bahasa dan norma kesantunan, penilaian kinerja guru, meningkatkan kemampuan diri melalui kualifikasi dan pembinaan guru, serta sertifikasi guru dan problematikanya. Konsep etika adalah merupakan watak kesusilaan atau adat yang dimaksud sebagai suatu subjek, etika berkaitan dengan konsep yang dimiliki oleh individu ataupun kelompok untuk menilai apakah tindakan-tindakan yang telah dikerjakannya itu salah atau benar, buruk atau baik. Etika juga bisa disebut sebagai refleksi karena segala sesuatunya dibuat dan diterapkan dari dan untuk kepentingan kelompok itu sendiri.

Buku yang berjudul “Etika Profesi Keguruan” ini berisi ten_tang banyak hal diantaranya konsep dan teori etika, konsep dasar teori keguruan, organisasi profesi keguruan, kompetensi guru, hak dan kewajiban guru, kode etik guru Indonesia, ...

Etika Profesi Keguruan

Guru adalah profesi yang mempersiapkan sumber daya manusia untuk menyongsong pembangunan bangsa dalam mengisi kemerdekaan. Guru dengan segala kemampuannya dan daya upayanya mempersiapkan pembelajaran bagi peserta didiknya sehingga tidak salah jika guru disebut sebagai salah satu kunci pembangun bangsa. Dewasa ini, dunia pendidikan di Indonesia dikejutkan dengan berbagai macam pelanggaran etika yang terjadi. Perlu adanya sebuah pedoman bersikap dan berperilaku yang tercermin dalam tindakan nyata. Buku Etika Profesi Keguruan hadir untuk mengisi kekosongan terhadap buku yang membahas mengenai etika keguruan. Buku ini menerangkan mengenai guru sebagai profesi, standar kualifikasi guru, profesi keguruan, etika dan profesi keguruan, kompetensi guru profesional, serta pengembangan profesionalitas guru.

Perlu adanya sebuah pedoman bersikap dan berperilaku yang tercermin dalam tindakan nyata. Buku Etika Profesi Keguruan hadir untuk mengisi kekosongan terhadap buku yang membahas mengenai etika keguruan.

MANAJEMEN PENDIDIKAN

Tujuan dari manajemen pendidikan adalah memastikan bahwa sistem dan proses dalam pendidikan yang telah disusun dapat di implementasikan dengan baik, baik dari segi produktivitas, efektivitas ataupun efesiensi. Pengelolaan satuan pendidikan yang efektif dan efisien merupakan syarat utama dalam menciptakan lembaga pendidikan yang bermutu. Dimana mutu pendidikan akan menentukan nasib keberlangsungan sekolah dan harapan bahi bangsa ini. Indonesia menghadapi tantangan persaingan global yang banyak. Untuk mengoptimalkan pencapaian tersebut tentunya diperlukan terobosan inovatif berupa manajemen dalam proses penyelenggaraan administrasi sekolah dari level kebijakan, kelembagaan, hingga level prosedur operasional. Buku ini merupakan satu dari sedikit bahan bacaan di Indonesia yang mengkaji tentang manajemen dalam pendidikan dan dapat dijadikan bahan referensi mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, guru, dosen, praktisi dan masyarakat yang mempelajari tentang manajemen pendidikan yang dikemas secara rinci dan padat dalam 9 BAB.

Tujuan dari manajemen pendidikan adalah memastikan bahwa sistem dan proses dalam pendidikan yang telah disusun dapat di implementasikan dengan baik, baik dari segi produktivitas, efektivitas ataupun efesiensi.

Manajemen Pendidikan

Buku ini merupakan buku yang disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi dibidang pendidikan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Kami berkolaborasi untuk menghasilkan buku dengan judul “Manajemen Pendidikan”. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dibidang pendidikan, khususnya manajemen pendidikan. Buku ini terdiri dari 14 bab, yaitu: Konsep dasar manajemen pendidikan, Organisasi lembaga pendidikan, Kurikulum pendidikan, Sarana dan prasarana pendidikan, Manajemen kepemimpinan, Manajemen kelas, Manajemen berbasis sekolah, Manajemen mutu dan akreditasi, Manajemen pembiayaan, Manajemen humas, Tata laksana lembaga pendidikan, Problematika pendidikan Indonesia, Kebijakan pendidikan Indonesia, dan Inovasi pendidikan Indonesia. Buku ini masih jauh dari kata sempurna, oleh karena itu, kami menerima masukan dan saran dari para pembaca terkait penyempurnaan buku ini.

Kami berkolaborasi untuk menghasilkan buku dengan judul “Manajemen Pendidikan”. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dibidang pendidikan, khususnya manajemen pendidikan.

Manajemen Pendidikan

Buku Manajemen Pendidikan ini penting dipelajari karena manajemen sebagai ilmu pengetahuan itu sendiri telah dipelajari sejak lama dan telah diorganisasikan menjadi suatu teori. Manajemen juga sebagai suatu seni, karena di dalam mencapai suatu tujuan diperlukan kerja sama dengan orang lain, bagaimana cara memerintahkan orang lain agar mau bekerja sama. Pada hakikatnya kegiatan manusia umumnya adalah managing (mengatur). Untuk mengatur di sini diperlukan suatu seni, bagaimana orang lain memerlukan pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama. Manajemen pendidikan merupakan suatu proses untuk mengkoordinasi-kan berbagai sumber daya pendidikan seperti guru, sarana dan prasarana pendidikan seperti perpustakaan, laboratorium, dan sebagainya untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Manajemen pendidikan merupakan hal yang harus diprioritaskan untuk kelangsungan pendidikan, sehingga menghasilkan impact yang diinginkan. Kenyataannya, banyak institusi pendidikan yang belum memiliki manajemen yang bagus dalam pengelolaan pendidikannya. Pendidikan yang visioner, memiliki misi yang jelas akan menghasilkan keluaran yang berkualitas. Dari sanalah pentingnya manajemen pendidikan diterapkan.

Dari sanalah pentingnya manajemen pendidikan diterapkan. Buku Manajemen pendidikan ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Teori Sastra

Teori Sastra Strukturalisme, Sastra dan Filsafat, Teori Sastra Konteks Sosiologi, Teori Sastra Dalam Hubungan Antropologi, Sastra dan Feminism, Religi Sastra, Konsep Strukturalisme Genetik, Sastra Perbandingan, Pengantar Sastra Popular.

Teori Sastra Strukturalisme, Sastra dan Filsafat, Teori Sastra Konteks Sosiologi, Teori Sastra Dalam Hubungan Antropologi, Sastra dan Feminism, Religi Sastra, Konsep Strukturalisme Genetik, Sastra Perbandingan, Pengantar Sastra Popular.