Sebanyak 213 item atau buku ditemukan

FILSAFAT ILMU Bagi Program Magister/Pascasarjana

Filsafat ilmu merupakan ‘induk’ dari ilmu pengetahuan yang mendasari logika, bahasa, dan matematika. Filsafat ilmu merupakan mata kuliah yang wajib bagi program Magister. Bagi mahasiswa program sarjana, filsafat ilmu diperlukan agar memiliki wawasan mendasar mengenai ilmu pengetahuan.

Filsafat ilmu merupakan ‘induk’ dari ilmu pengetahuan yang mendasari logika, bahasa, dan matematika.

FILSAFAT ILMU PENDIDIKAN DASAR ISLAM (Sebuah Pengantar Filosofi dan Aplikasi Pendidikan Islam Jenjang MI/SD)

Kandungan buku ini adalah memberikan sebuah pengantar menuju gerbang keilmuan terkait pendidikan dasar Islam ditinjau dari aspek filosofis dan aplikatif. Hadirnya, berupaya menjadi peneguh filosofi pendidikan Islam bagi anak usia dasar jenjang MI/SD. Tindakan aplikatifnya, juga berupaya menyadarkan anak sedini mungkin tentang ber-Islam melalui konsep pendidikan.

Kandungan buku ini adalah memberikan sebuah pengantar menuju gerbang keilmuan terkait pendidikan dasar Islam ditinjau dari aspek filosofis dan aplikatif.

HUKUM DAN KEADILAN BERMARTABAT : ORIENTASI PEMIKIRAN FILSAFAT, TEORI DAN PRAKTIK HUKUM

Buku ini memahami hukum itu teori hukum atau jurisprudence serta suatu legal science atau ilmu hukum sangat penting dalam kegiatan manusia rasional (manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang mulia di dalam masyarakat) dalam memahami hukum, de lege lata menata kehidupannya. Kegiatan manusia rasional itu misalnya menyusun skripsi (S1), membuat tesis (S2) dan menulis Disertasi (Strata Tiga/S3), atau menulis karya-karya ilmiah seperti jurnal ilmu hukum dan juga dalam melakukan proyek-proyek penelitian hukum berskala lokal, regional, nasional dan internasional. Kegiatan keilmuan bidang hukum yang murni ilmu itu memerlukan tuntunan sehingga manusia dapat memahami dan menerapkan hukum dalam praktik ilmu hukum secara bermutu. Legal theory atau teori hukum serta filsafat hukum juga bermanfaat dalam membangun teori-teori hukum yang baru. Pelajaran tentang teori hukum atau filsafat hukum dibutuhkan agar ilmuan hukum atau calon jurists dapat membangun teori-teori atau jurisprudence Bermartabat. Hanya saja, selama ini teori-teori yang jadi rujukan dalam memenuhi kebutuhan di atas belum berbasis teori hukum asli yang digali dari bumi Indonesia sendiri. Kebanyakan teori merupakan saduran (copy), atau kelanjutan dari hegemoni pemikiran hukum di Barat. Dengan tidak bermaksud mengecilkan peran teori-teori itu, dibutuhkan suatu teori asli bangsa Indonesia sebagai bangsa berdaulat (self suficient); termasuk dalam membangun teori Hukum Bangsa sendiri. Kebutuhan itulah yang telah mendorong Profesor Teguh, Guru Bangsa Bermartabat dalam bidang ilmu hukum, penulis utama buku ini dan dan kawan-kawan berupaya memerinci lebih jauh teori asli Bangsa Indonesia yang disebut teori Keadilan Bermartabat. Filsafat hukum (Jurisprudence) atau teori hukum juga bermanfaat untuk membantu kegiatan dokmatika hukum. Selain itu teori Hukum membantu kegiatan hukum dan praktik hukum yang dilakukan oleh para pembuat hukum, maupun pelaksana atau penegak hukum dalam praktik dan dalam kehidupan sehari-hari. Filsafat dan teori hukum memberikan pembenaran, tetapi juga memfalsifikasi (mengkritik, menyoal dan membantah secara masuk akal atau menurut kaidah-kaidah keilmuan). Filsafat hukum menerangkan atau memberi rasionalisasi dengan cara membenarkan atau memberikan kritik. Semua itu dilakukan agar mereka yang terpelajar, juga awam namun memiliki minat, atau semangat dan rasa ingin tahu mempunyau kemampuan yang tinggi dalam memahami kebenaran dalam bidang hukum yang lebih baru dan mutakhir. Minat yang tinggi dari para mahasiswa/i, baik di tingkat S1, S2 dan S3, begitu pula para ilmuan dan peneliti dalam bidang hukum terhadap Hukum yang menurut teori Keadilan Bermartabat pada hakikatnya adalah filsafat (Jurisprudence) itu nampaknya masih membutuhkan suatu petunjuk yang lebih praktis dalam menggunakan teori hukum. Ada semacam kesulitan dalam menggunakan teori Keadilan Bermartabat. Buku ini ditulis agar minat yang tinggi dan penghormatan dan kebanggaan atas tiap produk Keilmuan asli Bangsa sendiri itu didukung dengan petunjuk-petunjuk yang lebih praktis atau bernuansa operasional. Karena itu buku ini layak dimiliki dan dibaca baik oleh para calon jurists, ahli maupun ilmuan serta praktisi hukum.

Kebutuhan itulah yang telah mendorong Profesor Teguh, Guru Bangsa Bermartabat dalam bidang ilmu hukum, penulis utama buku ini dan dan kawan-kawan berupaya memerinci lebih jauh teori asli Bangsa Indonesia yang disebut teori Keadilan ...

Pandangan Filsafat Pendidikan dari Berbagai Perspektif: Moral, Islam dan Kristen

Filsafat ilmu merupakan salah satu kajian keilmuan yang harus dipahami secara holistik. Keilmuan ini merupakan keilmuan dasar dan penting untuk masyarakat dapat berpikir dan mengedepankan kriteria kebenaran yang ideal dalam mencari kebenaran. Namun dewasa ini, proses pencarian kebenaran tersebut sudah mulai terkikis, kriteria kebenaran hari ini hanya berdasar pada toleransi saja, tidak memunculkan harmoni antar manusia melainkan hanya menguntungkan beberapa manusia saja. Agama dan moral merupakan tolak ukur dan jubah yang digunakan oleh orang yang terpelajar. Agama, etika, moral dan ilmu saat ini dipandang sebagai hal yang tidak sinergis dan terpisah satu sama lainnya. Dorongan utama dalam berpikir dan bertindak masyarakat sudah sangat jauh dari agama, etika dan moral. Karena itu, dengan hadir buku ini, berharap masyrakat dapat menemukan kriteria dan metode yang berpikir yang tepat, dimana kriteria dan metode berpikir yang tepat tersebut adalah cara berpikir yang berlandaskan dengan agama kemudian diimplimentasikan melalui moral dan sikap yang etik. Serta dapat memberikan pencerahan, dan pandangan baru agar terciptanya masyarakat yang madani. Selamat Menikmati berpetualang dengan dimensi filosofi gramatikal yang kami sajikan.

Filsafat ilmu merupakan salah satu kajian keilmuan yang harus dipahami secara holistik.

ANTOLOGI FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM; STUDI TERHADAP PEMIKIRAN IBNU SINA

Buku yang ada di tangan pembaca ini adalah hasil karya dari teman-teman mahasiswa Program Doktor Pendidikan Islam kelas PEDI-A tahun akademik 2021-2022 pada mata kuliah Filsafat Pendidikan Islam (Lanjutan). Pendidikan dan filsafat adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan, sebagai ibu dari semua ilmu (mother of knowledge)filsafat dipakai menjadi kerangka teori dasar dalam pengembangan disiplin ilmu pengetahuan. Itulah mengapa dalam pendidikan dikenal cabang ilmu Filsafat Pendidikan, belakangan pendidikan Islam terutama Perguruan Tinggi Kegaman Islam (PTKI) juga menggunakannya sebagai sebuah disiplin ilmu baru yaitu Filsafat Pendidikan Islam dan ini menjadi mata kuliah wajib di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK).

Buku yang ada di tangan pembaca ini adalah hasil karya dari teman-teman mahasiswa Program Doktor Pendidikan Islam kelas PEDI-A tahun akademik 2021-2022 pada mata kuliah Filsafat Pendidikan Islam (Lanjutan).

Petunjuk, Perencanaan, dan Pelaporan Penilaian - Kurikulum 2013 Untuk Guru SD

Memiliki kemampuan pengajaran dan penilaian merupakan bagian dari standar kompetensi seorang guru pada ranah profesional dan pedagogi. Namun berdasarkan hasil kajian intensif dari beberapa pelatihan pada sekolah dasar (SD) di Jawa Barat masih meninggalkan beberapa persoalan, salah satunya kemampuan guru dalam mengolah penilaian. Meskipun guru-guru SD sudah melewati masa transisi pada pelaksanaan Kurikulum 2013, namun kenyataannya teknik penilaian yang dilakukan masih memiliki kendala. Kemudian salah satu cara untuk mengukur kemajuan kualitas hasil pembelajaran oleh guru ditentukan oleh sejauh mana terlaksananya sistem penilaian yang komprehensif dan bermutu sesuai panduan Kurikulum 2013 Revisi 2016, mulai dari menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan pengolahan penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh guru. Untuk memahami dan mengimplementasikan penilaian yang komprehensif dan sesuai dengan panduan, melalui buku ini penulis berusaha menyajikan buku petunjuk penyusunan administrasi, mulai dari penyusunan perencanaan, hingga pengolahan administrasi penilaian hasil belajar. Secara substansi pokok pembahasan pada buku ini berisi, perencanaan penilaian berupa kisi-kisi penyusunan soal, penyusunan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS), penyusunan KKM sekolah, penyusunan daftar nilai sikap, penyusunan daftar nilai pengetahuan berupa tes tertulis, tes lisan, dan tes penugasan, juga penyusunan daftar nilai keterampilan berupa tugas proyek, produk dan penilaian keterampilan portofolio, analisis hasil evaluasi, remidial dan pengayaan serta penilaian oleh satuan pendidikan. Di samping itu, dalam buku ini diuraikan cara pengisian rapor. Petunjuk tersebut bertujuan untuk memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian, mengolah dan memanfaatkan hasil penilaian, serta membuat laporan pencapaian kompetensi peserta didik. Secara umum ini buku akan mengarahkan pembaca khususnya guru kepada proses implementasi secara langsung, sehingga para pembaca akan dengan mudah mempraktikkan secara langsung tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, hingga penilaian hasil belajar peserta didik. Mudah-mudahan bermanfaat dalam meningkatkan kinerja serta profesionalisme guru dalam merencanakan, melaksanakan dan mengolah nilai hasil belajar peserta didik. Kami menyadari bahwa buku petunjuk penilaian ini masih perlu penyempurnaan, walaupun telah melalui proses dan prosedur yang tertata. Oleh karena itu, segenap saran dan kritik yang bersifat membangun akan kami terima dengan senang hati. Semoga Buku Bahan Ajar/Modul ini dapat digunakan sebagai salah satu bahan pembelajaran.

Pelaksanaan Pengajaran Remedial Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas II Sekolah Dasar Negeri 1 Sedayu Bantul . Yogyakarta : SKRIPSI Masrukhin . ( 2012 ) . Pengembangan Sistem Evaluasi Pendidikan Agama Islam .

Manajemen Sumber Daya Manusia Kinerja Dan Prilaku Berorganisasi

KEGIATANKEGIATAN PERUSAHAANPERUSAHAAN YANGYANG BERHUBUNGANBERHUBUNGAN DENGANDENGAN MANAJEMENMANAJEMEN SUMBERSUMBER DAYADAYA MANUSIAMANUSIA A. Perencanaan dan Rekrutmen Sumber Daya Manusia 1. Perencanaan Sumber Daya Manusia Perencanaan ...

AKTUALISASI NILAI-NILAI KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI PERGURUAN TINGI

Buku ini adalah hasil penelitian, peneliti bisa merampungkan penelitian kolektif dengan berjudul Strategi Peningkatan Nilai-Nilai Kecerdasan Emosional Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam ini dengan lancar seduai yang diharapkan.

BAB III KONSEP DASAR MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA A. Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Sumber daya merupakan aset utama yang diperlukan bagi pembangunan suatu bangsa, sumber daya tersebut ada dua macam yaitu sumber daya alam ...