Sebanyak 40 item atau buku ditemukan

Manajemen Sumber Daya Manusia

Kehadiran Buku Manajemen Sumber Daya Manusia ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi. Walaupun masih jauh dari kesempurnaan, tetapi kami mengharapkan buku ini dapat menjadi referensi atau bahan bacaan dalam menambah khasanah keilmuan khususnya mengenai Manajemen Sumber Daya Manusia. Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam empat belas bab yang memuat tentang Teori Dasar MSDM, Perkembangan Teori MSDM, Proses Rekrutmen SDM, Teori Kepuasan Kinerja SDM, Teori Penilaian Kinerja SDM, Pelatihan SDM, Pengembangan Kinerja SDM, Sistem Balas Jasa dalam MSDM, Pemberdayaan SDM, Manajemen Karir dalam MSDM, Manajemen K3 dalam MSDM, Sistem Pemutusan Hubungan Kerja, Manajemen Hubungan Industrial, dan bab terakhir yaitu Audit SDM.

Sehingga dalam perjalannya, sekretaris kesejahteraan menjadi pelopor dalam menghasilkan tenaga ahli dalam bidang pengelolaan sumber daya manusia. Konsep Manajemen Sumber Daya Manusia Secara efisien dan efektif manajemen sumber daya ...

Administrasi dan Perencanaan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Administrasi sebagai suatu fenomena modern telah teruji kebenarannya yang dapat dianggap sebagai suatu pendekatan ilmiah, karena telah memiliki metode-metode analisis, sistematika, prinsip-prinsip serta dalil-dalilnya sendiri. Ke semua ciri keilmiahannya ini dapat diterapkan ke dalam unsur-unsur kegiatan dalam rangka mewujudkan efisiensi dan efektivitas pencapaian tujuan yang ditetapkan. Analisis terakhir ini sangat tepat kalau dihubungkan dengan “trend” yang terjadi di abad sekarang, bahkan di masa akan datang, dengan dalih bahwa semua aktivitas baik di bidang politik, sosial, budaya dan Hankam hanya akan berguna kalau terlaksana secara efektif dan ekonomis. Adapun efisiensi dan efektivitas kerja itu sendiri baru bisa diperoleh bila keseluruhan kegiatan itu dioperasikan melalui tindakan-tindakan administrasi. Salah satu jalur kebijaksanaan pembangunan pendidikan di Indonesia membawa kita pada arah peningkatan efisiensi dan efektivitas pengelolaan pendidikan. Penanganan masalah-masalah pendidikan yang dewasa ini sifatnya semakin kompleks, tidak hanya menuntut kecepatan dan ketepatan melainkan juga menghendaki adanya satu sistem di dalam pendekatan dan pemecahannya. Kenyataan lain yang mendorong pentingnya pengembangan dan pembaruan di dalam sistem pengelolaan pendidikan, baik di sekolah maupun luar sekolah adalah adanya perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan pendidikan itu sendiri, dan tuntutan masyarakat/pemerintah yang semakin meningkat akan pendidikan yang mampu menunjang pembangunan bangsa dalam arti luas. Kehadiran bidang Administrasi Pendidikan memberikan andil yang besar dalam menjawab segala tantangan pendidikan tersebut, guna menyelenggarakan suatu sistem pendidikan yang mampu memenuhi misi dan tujuan sebagaimana dicita-citakan. Para pemimpin, guru, maupun tenaga pelaksana di lapangan perlu dibekali dengan bidang ini karena mereka berhadapan langsung dengan corak tantangan yang beragam yang membutuhkan suatu penataan secara efektif dan efisien Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

diawali dengan kegiatan inventarisasi tentang sumber daya manusia yang sudah terdapat dalam organisasi. Kedua: Melalui perencanaan sumber daya manusia yang matang, produktivitas kerja dari tenaga yang sudah ada dapat ditingkatkan.

Pendidikan Nilai Moral Berbasis Pancasila

Buku berjudul "Pendidikan Nllai moral berbasis Pancasila" ini merupakan luaran penelitian kolaboratif yang dilakukan Universitas Slamet Riyadi dengan Universitas Utara Malaysia. Di datam buku ini, diuraikan hasil penelitian dan analisis mendalam terkait dalam Pancaslia. Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara merupakan konsep penting untuk dipahami. Diuraikan pula terkait Azas pembangunan nasional serta sumber dalam pembangunan nasional Pancasila memiliki nilai-nilai dasar dalam pembangunan nasional yang mampu menjadi jalur dalam pembangunan nilai moral. Untuk melengkapi informasi bagi para pembaca, disajikan pula kendala-kendala dalam pembangunan nilai moral sekaligus langkah-langkah solutif untuk mengatasi kendala pembangunan nilai moral.

Buku berjudul "Pendidikan Nllai moral berbasis Pancasila" ini merupakan luaran penelitian kolaboratif yang dilakukan Universitas Slamet Riyadi dengan Universitas Utara Malaysia.

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK PERGURUAN TINGGI

Kewarganegaraan adalah anggota dalam sebuah komunitas politik (negara), dan dengannnya membawa Hak untuk berpartisipasi dalam politik.Seseorang dengan keanggotaan tersebut disebut warga negara. Aristoteles mengartikan warganegara adalah orang yang secara aktif ikut ambil bagian dalam kegiatan hidup bernegara, yaitu orang yang bias berperan sebagai yang diperintah dan orang yang bias berperan sebagai yang memerintah. Rousseau, menganggap warga negara adalah peserta aktif yang senantiasa menguapayakan kesatuan komunal.Kewarganegaraan memiliki pengertian lebih luas tidak sebatas keanggotaan seseorang dari organisasi Negara tapi meluas kepada hal-hal yang terkait dengan warga Negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan disampaikan di Perguruan Tinggi.

Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari pokok bahasan dan sub pokok bahasan ini, diharapkan mahasiswa dapat mengetahui, memahami, tentang pancasila sebagai filsafat dan ideologi Negara berdasarkan PKn dan mampu menerangkan kembali ...

Basic academic writing

This book was designed to respond a lot of academically challenges for professioal laborers (lecturers, teachers, applicants etc.), students at universities and senior high sechool levels in writing an essay. The author believes in all of readers who gradually recite ad apply these techniques of this book will easily explore their ideas in academically writing. The contents of this book was devided into twelve units (writing process, sentence variety, paragraph format, fact and opinion paragraph, cause and effect paragraph, comparision and contrast paragraph, definition paragraph, references and quotation, effective writing, outlining an essay, essay writing and writing model) which present some teories and exercises of each one from experts. It helps beginners who want to develop and measure their essay writing skills. Beside that, it also requires some critically advices from readers to be revised in the next edition.

WRITING PROCESS Writing skill guides us to reach the goals of the effective in writing skill. As a writer, the students have to following steps (Langan, 2010) that devided writing process into four steps such as; Prewriting, Writing the ...

Monograf Analisis Sistem Forecasting Perencanaan terkait Produksi dengan Metode Single Eksponensial Smoothing (Studi Kasus Pada PT. Food Beverages Indonesia Gerai Chatime Plaza Medan Fair Sebagai Industri Kuliner Kreatif

Peramalan (forecasting) merupakan suatu langkah awal yang penting dalam pembuatan perencanaan bagi setiap organisasi bisnis dan untuk setiap pengambilan keputusan manajemen yang signifikan. Metode peramalan Single Eksponensial Smoothing merupakan salah satu model ramalan data berkala (time series) yang dirancang untuk suatu data yang membuat unsur trend. Dalam penelitian ini data jumlah penjualan produksi Minuman Chatime di PT. Food Beverages Indonesia dari tahun 2019 hingga tahun 2021 mengindikasikan adanya pola data trend seiring bertambahnya waktu. Hasil penelitian yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode Single Eksponensial Smoothing, berdasarkan Mean Absolute Percentage Error (MAPE) diperoleh angka sebesar 101.179 dengan hasil forecast erorr terkecil. Hasil penelitian menunjukan nilai parameter α = 0.5 merupakan peramalan terbaik yang digunakan untuk meramalkan jumlah penjualan dengan data aktual produksi minuman Chatime dengan parameter erorr sebesar 1.2 %.

Peramalan (forecasting) merupakan suatu langkah awal yang penting dalam pembuatan perencanaan bagi setiap organisasi bisnis dan untuk setiap pengambilan keputusan manajemen yang signifikan.

Pendidikan Kewarganegaraan

Secara yuridis, keberadaan Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi cukup kuat, dan sebagai matakuliah yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa. Hal itu tampak jelas dalam Pasal 37 Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sesuai dengan tuntutan dan perubahan masyarakat di era Reformasi, dalam matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi, telah dilakukan perubahan paradigma menuju paradigma humanistik yang didasarkan pada asumsi bahwa mahasiswa adalah manusia yang mempunyai potensi dan karakteristik yang berbeda-beda. Indikasi ke arah itu tampak dari substansi kajian, strategi, dan evaluasi matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan yang ditawarkan kepada mahasiswa. Hasil pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (civic education) sangat penting, artinya bagi penumbuhan budaya demokrasi di Indonesia. Untuk mencapai tujuan pendidikan kewarganegaraan seperti hal tersebut, sangat dibutuhkan model dan strategi pembelajaran yang humanistik yang mendasarkan pada asumsi bahwa mahasiswa adalah manusia yang mempunyai potensi dan karakteristik yang berbeda-beda. Buku yang ada di tangan pembaca ini, mendukung model dan strategi pembelajaran. Di sini, mahasiswa diposisikan sebagai subjek, sementara dosen diposisikan sebagai fasilitator dan mitra dialog mahasiswa. Materi disusun berdasarkan kebutuhan dasar mahasiswa, bersifat fleksibel, dinamis, dan fenomenologis sehingga materi tersebut bersifat kontekstual dan relevan dengan tuntutan dan perubahan masyarakat lokal, nasional, dan global. Diharapkan dengan demikian, mahasiswa—sebagai pemuda harapan masa depan bangsa—dapat mengembangkan negara dan bangsa dengan ide-ide yang berlandaskan ilmu, wawasan yang luas, serta berdasarkan kepada nilai-nilai dan norma yang berlaku di dalam masyarakat. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Secara yuridis, keberadaan Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi cukup kuat, dan sebagai matakuliah yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa.

Pendidikan Kewarganegaraan

Buku ini terdiri dari 8 bab, yakni: (1) Filsafat Pancasila, (2) Identitas Nasional, (3) Politik Dan Strategi, (4) Demokrasi Indonesia, (5) Hak Asasi Manusia dan Rule Of Law, (6) Hak Dan Kewajiban Warga Negara, (7) Geopolitik Indonesia, (8) Geostrategi Indonesia (Ketahanan Nasional).

Buku ini terdiri dari 8 bab, yakni: (1) Filsafat Pancasila, (2) Identitas Nasional, (3) Politik Dan Strategi, (4) Demokrasi Indonesia, (5) Hak Asasi Manusia dan Rule Of Law, (6) Hak Dan Kewajiban Warga Negara, (7) Geopolitik Indonesia, (8) ...

Pendidikan Kewarganegaraan

Hadirnya buku Pendidikan Kewarganegaraan ini dapat menjadi salah satu alternatif bagi akademisi, guru, praktisi, tokoh masyarakat dan mahasiswa dalam membangun kesadaran warga negara dalam membangun bangsa dan negara.

Hadirnya buku Pendidikan Kewarganegaraan ini dapat menjadi salah satu alternatif bagi akademisi, guru, praktisi, tokoh masyarakat dan mahasiswa dalam membangun kesadaran warga negara dalam membangun bangsa dan negara.

BUKU AJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PANDUAN KULIAH DI PERGURUAN TINGGI

Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga penyusunan buku ajar yang berjudul Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini dapat diselesaikan dengan baik. Hal tersebut tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak yang mengharapkan adanya buku ajar ini sebagai panduan pembelajaran mata kuliah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Universitas Sembilanbelas November Kolaka. Buku yang tengah ada dihadapan pembaca saat ini adalah kumpulan materi-materi ajar, baik itu mata kuliah Pancasila maupun mata kuliah Kewarganegaraan. Disusunnya bahan ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini diharapkan dapat menjadi opsi referensi bagi para dosen/pendidik dan mahasiswa dan civitas academica yang ada di Universitas Sembilanbelas November Kolaka pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Tak lupa pula penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan buku ini. Akhirnya, harapan penulis sejak lama dapat terwujud dengan hadirnya buku ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini sebagai panduan perkuliahan mata kuliah PPKn. Sebagaimana penyusunan buku ajar yang lain, penulis menyadari bahwa buku ini belumlah sempurna baik dari materi dan susunannya. Dengan lapang dada dan kerendahan hati, penyusun bersedia untuk diberi saran dan kritik yang bersifat membangun guna memperbaiki buku ini agar lebih baik lagi.

Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga penyusunan buku ajar yang berjudul Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini dapat diselesaikan dengan baik.