Sebanyak 12 item atau buku ditemukan

Teknologi informasi dan komputer di era revolusi industri

Pengantar Komunikasi Organisasi

Seperti kita ketahui bahwa komunikasi itu merupakan suatu alat untuk penyamaan persepsi atau pemahaman antar individu atau pun kelompok. Dengan penyamaan persepsi atau cara pandang di antara individu-individu di dalam suatu organxiasi, maka pencapaian tujuan dari organisasi tersebut akan terwujud. Oleh karena itu, ilmu komunikasi sangatlah penting untuk diterapkan di dalam suatu organisasi. Berbagai bentuk pekerjaan di suatu organisasi akan selalu membutuhkan proses komunikasi baik itu berupa tulisan maupun percakapan. Buku Pengantar Komunikasi Organisasi ini akan membahas tentang: Sejarah Perkembangan Komunikasi Organisasi Konsep Dasar Komunikasi Konsep Dasar Organisasi Iklim Komunikasi Organisasi Komunikasi dalam Budaya Organisasi Komunikasi dan Gaya Kepemimpinan Komunikasi dan Kinerja Komunikasi dan Manajemen Konflik dan Teknologi Informasi dalam Organisasi. Di mana buku ini telah berhasil tersusun atas kerjasama yang sangat baik dilakukan secara kolaborasi yaitu sebagai bentuk perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi beberapa Dosen dari berbagai Institusi di Indonesia.

Buku Pengantar Komunikasi Organisasi ini akan membahas tentang: Sejarah Perkembangan Komunikasi Organisasi Konsep Dasar Komunikasi Konsep Dasar Organisasi Iklim Komunikasi Organisasi Komunikasi dalam Budaya Organisasi Komunikasi dan Gaya ...

Manajemen Usaha Kecil dan Menengah

Buku “Manajemen Usaha Kecil dan Menengah” ini menyajikan berbagai informasi dalam mengembangkan sebuah bisnis yang relatif kecil dan sederhana. Buku ini dirangkum untuk membuka wawasan para wirausahawan yang ingin menggeluti usaha, khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (MUMKM) dan diharapkan dapat mengambil manfaat dan terinspirasi dari buku ini. Kiranya buku ini dapat memberi masukan bagi para pengambil keputusan, tentang apa yang diberikan kepada para pelaku UMKM dalam mendukung perekonomian nasional. Buku ini membahas : Bab 1 Pengenalan Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bab 2 Karakteristik UMKM di Indonesia Bab 3 Peranan dan Kinerja UKM di Indonesia Bab 4 Strategi dan Kiat Memilih Jenis UMKM Bab 5 Penerapan Fungsi Manajemen dalam UMKM: Fungsi Perencanaan Bab 6 Penerapan Fungsi Manajemen dalam UMKM: Proses Perorganisasian Bab 7 Penerapan Fungsi Manajemen dalam UMKM: Proses Kepemimpinan Bab 8 Penerapan Fungsi Manajemen dalam UMKM: Proses Pengawasan Bab 9 Mengelola Aspek Keuangan dalam UKM Bab 10 Mengelola Aspek SDM dalam UKM Bab 11 Mengelola Aspek Pemasaran dalam UKM Bab 12 Mengelola Aspek Distribusi dan Produksi dalam UKM Bab 13 Perkembangan UKM di Indonesia Bab 14 Eksistensi UKM di dalam Proses Pembangunan Ekonomi

Produksi/operasional, dalam perkembangannya mereka mengalami berbagai kendala teknis dan teknologi seperti gagalnya membuat starter nata de coco, harga bahan baku yang melambung sementara harga jual yang relatif rendah karena daya beli ...

Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi dan teknologi telah menjadi komponen yang sangat penting bagi keberhasilan bisnis dan organisasi. Teknologi informasi, termasuk sistem informasi berbasis Internet, memainkan peranan penting dan makin luas dalam bisnis. Memasuki abad ke-21 ini kemajuan teknologi sangat pesat di dalam segala bidang termasuk dalam SIM Banyak Perusahaan yang telah mengunakan SIM yang terkomputerisasi dan mengambil keuntungan dari SIM yang terkomputerisasi. Tetapi juga terdapat perusahaan yang masih menggunakan SIM yang masih manual dengan kelemahan dan kelebihannya. Buku ini terdiri dari 10 (sepuluh) bab, yaitu : Bab 1 Konsep Dasar Sistem Informasi Bab 2 Komponen Sistem Informasi Manajemen Bab 3 Penggunaan dan Pengelolaan Sistem Informasi Bab 4 Sistem Informasi Pemasaran Bab 5 Model Sistem Umum Perusahaan Bab 6 Manajer dan Sarana Pengambilan Keputusan Bab 7 Pemanfaatan Teknologi pada Sistem Informasi Bab 8 Peranan Komputer dalam Pasar, Produksi dan Jasa Bab 9 Perusahaan Digital: e-Commerce dan e-Business Bab 10 Infrastruktur Teknologi Informasi

Buku ini terdiri dari 10 (sepuluh) bab, yaitu : Bab 1 Konsep Dasar Sistem Informasi Bab 2 Komponen Sistem Informasi Manajemen Bab 3 Penggunaan dan Pengelolaan Sistem Informasi Bab 4 Sistem Informasi Pemasaran Bab 5 Model Sistem Umum ...

Studi Kelayakan Bisnis

Studi kelayakan merupakan sebuah kajian atau penelitian terkait dengan layak tidaknya suatu usaha tersebut dijalankan. Studi kelayakan berupa laporan atau proposal terkait dengan proyek atau gagasan suatu usaha, yang objeknya mengenai berbagai analisis terhadap perencanaan usaha, apakah usaha yang direncanakan akan sukses atau gagal apabila dilaksanakan. Kesuksesan ataupun kegagalan usaha yang dimaksudkan merupakan hasil kajian atau analisis dengan berbagai teori atau perspektif. Hal tersebut dilihat dari aspek barang atau jasa yang akan diperjualbelikan, aspek terpenuhi tidaknya persyaratan untuk dapat berkembang. Pembukaan atau pengembangan bisnis baru senantiasa memerlukan studi kelayakan bisnis meskipun dengan tingkat intensitas yang berbeda-beda. Pengkajian dalam studi kelayakan bisnis meliputi aspek hukum, lingkungan, pasar dan pemasaran, teknis dan teknologi, manajemen dan Sumber Daya Manusia, Keuangan. Pada dasarnya studi kelayakan usaha membahas dan mengkaji berbagai macam konsep dasar yang berkaitan dengan keputusan dan proses pemilihan proyek bisnis agar mampu memberikan manfaat ekonomis dan sosial sepanjang waktu. Dalam studi ini, pertimbangan ekonomis dan teknis sangat penting karena akan dijadikan dasar implementasi kegiatan usaha. Oleh karena itu, pemahaman terhadap penyusunan studi kelayakan bisnis sangat penting, baik bagi dunia bisnis maupun bagi dunia akademisi. Dalam berbisnis, semua pengusaha harus memperhitungkan untung dan ruginya yang tidak hanya bergantung pada modal uang, tetapi juga pada sumber daya manusia, profesionalitas dan proporsionalitasnya, semua faktor yang mendukung terlaksananya sebuah bisnis, reputasi, rekanan usaha, dan pengalaman dalam menjalankan usaha. Dengan demikian, hal tersebut menghasilkan suatu pandangan dan kesimpulan mengenai layaknya usaha tersebut dilaksanakan.

Pengkajian dalam studi kelayakan bisnis meliputi aspek hukum, lingkungan, pasar dan pemasaran, teknis dan teknologi, manajemen dan Sumber Daya Manusia, Keuangan.

Pengantar Teknologi Informasi

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi informasi terus menerus berkembang ke arah yang lebih baik lagi, di mana perkembangan ini telah dimulai sejak berabad-abad silam. Pesatnya kemajuan teknologi tidak bisa dipungkiri semakin memanjakan manusia, contohnya dalam hal berkomunikasi. Interaksi yang terjadi dengan adanya bantuan teknologi menjadi semakin mudah dan beragam. Keseluruhan materi dalam buku ini disajikan dengan bahasa yang mudah dipahami dan terbagi dalam 14 bab sebagai berikut: Bab 1 Dasar-Dasar Teknologi Informasi Bab 2 Etika IT Bab 3 Sejarah Teknologi Informasi Bab 4 Sistem Perangkat Lunak Teknologi Informasi Bab 5 Sistem Komputer Bab 6 Input dan Output Device Bab 7 Media Penyimpan Eksternal Bab 8 Perangkat Lunak Sistem Bab 9 Perangkat Lunak Aplikasi Bab 10 Kecerdasan Buatan Bab 11 Teknologi Komunikasi dan Jaringan Bab 12 Internet Bab 13 Basis Data Bab 14 Sistem Informasi

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi informasi terus menerus berkembang ke arah yang lebih baik lagi, di mana perkembangan ini telah dimulai sejak berabad-abad silam.

Pengantar Manajemen Sistem Informasi

Dewasa ini manajemen menjadi hal yang penting. Manajemen dapat dikatakan sebuah usaha untuk mengelola atau menyusun suatu hal agar lebih terstruktur dan rapih. Termasuk ketika kita ingin mengelola sebuah data. Manajemen informasi adalah pengelolaan data dimana didalamnya mencakup proses mencari, menyusun, mengklasifikasikan, serta menyajikan berbagai data yang terkait dengan kegiatan yang dilakukan perusahaan sehingga dapat dijadikan landasan dalam pengambilan keputusan oleh manajemen. Secara lengkap buku ini membahas : Bab 1 Konsep Dasar Sistem Bab 2 Sistem Organisasi dan Informasi Bab 3 Pengambilan Keputusan, Informasi, dan Manajemen Bab 4 Sistem Informasi dan Penggunaannya Bab 5 Manajemen Sistem Informasi dalam Pendidikan Bab 6 Teknologi Informasi dan Sistem Informasi

Dewasa ini manajemen menjadi hal yang penting.

Pengantar Konsep Manajemen Proyek untuk Teknik

Manajemen Proyek adalah suatu penerapan ilmu pengetahuan, keahlian dan juga ketrampilan, cara teknis yang terbaik serta dengan sumber data yang terbatas untuk mencapai sasaran atau tujuan yang sudah ditentukan agar mendapatkan hasil yang optimal dalam hal kinerja, waktu, mutu dan keselamatan kerja. Semakin maju peradaban manusia, semakin cangih dan kompleks proyek yang dikerjakan dengan melibatkan pengguna sumberdaya dalam bentuk tenaga manusia, material dan dana yang jumlahnya bertambah besar. Diiringi pula dengan semakin ketat kompetisi penyelenggaraan proyek untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga dibutuhkan cara pengelolaan, metoda serta teknik yang paling baik sehingga pengunaan sumber daya benar-benar efektif dan efisien sehingga dibutuhkan manajemen proyek.

Manajemen Proyek adalah suatu penerapan ilmu pengetahuan, keahlian dan juga ketrampilan, cara teknis yang terbaik serta dengan sumber data yang terbatas untuk mencapai sasaran atau tujuan yang sudah ditentukan agar mendapatkan hasil yang ...