Sebanyak 17 item atau buku ditemukan

Pengadaan Material Proyek Engineering Procurement Construction

Salah satu inovasi model kontrak konstruksi adalah sistem kontrak Engineering Procurement and Construction (EPC) yang dalam terjemahan bahasa Indonesia disebut kontrak rekayasa pengadaan dan konstruksi. Kontrak dengan model EPC ini unik karena fungsi kontraktor pada proyek EPC dimulai dari tahap perencanaan, pengadaan dan konstruksi. Kontrak EPC saat ini sering digunakan pada proyek minyak, gas, dan petrokimia. Kelebihan dari kontrak EPC yaitu pelaksana proyek tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk mengkoordinasi pihak-pihak di bawahnya karena proyek EPC dilaksanakan satu pihak saja yaitu kontraktor, sehingga proyek desain, pengadaan, dan konstruksi bisa berjalan optimal. Buku ini membahas tentang: 1. Pengenalan Engineering Procurement Construction (EPC) 2. Proyek terintegrasi 3. Pengadaan material proyek 4. Karakteristik proyek konstruksi dan migas 5. Supply chain management in construction 6. Pengadaan material proyek konvensional 7. Pengadaan material proyek EPC 8. Material Tracking System (MTS) 9. Studi kasus pengadaan material pekerjaan pondasi 10. Studi kasus pengadaan material pekerjaan dan pipa 11. Perbandingan pengadaan material

Salah satu inovasi model kontrak konstruksi adalah sistem kontrak Engineering Procurement and Construction (EPC) yang dalam terjemahan bahasa Indonesia disebut kontrak rekayasa pengadaan dan konstruksi.

Petunjuk, Perencanaan, dan Pelaporan Penilaian - Kurikulum 2013 Untuk Guru SD

Memiliki kemampuan pengajaran dan penilaian merupakan bagian dari standar kompetensi seorang guru pada ranah profesional dan pedagogi. Namun berdasarkan hasil kajian intensif dari beberapa pelatihan pada sekolah dasar (SD) di Jawa Barat masih meninggalkan beberapa persoalan, salah satunya kemampuan guru dalam mengolah penilaian. Meskipun guru-guru SD sudah melewati masa transisi pada pelaksanaan Kurikulum 2013, namun kenyataannya teknik penilaian yang dilakukan masih memiliki kendala. Kemudian salah satu cara untuk mengukur kemajuan kualitas hasil pembelajaran oleh guru ditentukan oleh sejauh mana terlaksananya sistem penilaian yang komprehensif dan bermutu sesuai panduan Kurikulum 2013 Revisi 2016, mulai dari menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan pengolahan penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh guru. Untuk memahami dan mengimplementasikan penilaian yang komprehensif dan sesuai dengan panduan, melalui buku ini penulis berusaha menyajikan buku petunjuk penyusunan administrasi, mulai dari penyusunan perencanaan, hingga pengolahan administrasi penilaian hasil belajar. Secara substansi pokok pembahasan pada buku ini berisi, perencanaan penilaian berupa kisi-kisi penyusunan soal, penyusunan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS), penyusunan KKM sekolah, penyusunan daftar nilai sikap, penyusunan daftar nilai pengetahuan berupa tes tertulis, tes lisan, dan tes penugasan, juga penyusunan daftar nilai keterampilan berupa tugas proyek, produk dan penilaian keterampilan portofolio, analisis hasil evaluasi, remidial dan pengayaan serta penilaian oleh satuan pendidikan. Di samping itu, dalam buku ini diuraikan cara pengisian rapor. Petunjuk tersebut bertujuan untuk memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian, mengolah dan memanfaatkan hasil penilaian, serta membuat laporan pencapaian kompetensi peserta didik. Secara umum ini buku akan mengarahkan pembaca khususnya guru kepada proses implementasi secara langsung, sehingga para pembaca akan dengan mudah mempraktikkan secara langsung tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, hingga penilaian hasil belajar peserta didik. Mudah-mudahan bermanfaat dalam meningkatkan kinerja serta profesionalisme guru dalam merencanakan, melaksanakan dan mengolah nilai hasil belajar peserta didik. Kami menyadari bahwa buku petunjuk penilaian ini masih perlu penyempurnaan, walaupun telah melalui proses dan prosedur yang tertata. Oleh karena itu, segenap saran dan kritik yang bersifat membangun akan kami terima dengan senang hati. Semoga Buku Bahan Ajar/Modul ini dapat digunakan sebagai salah satu bahan pembelajaran.

Pelaksanaan Pengajaran Remedial Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas II Sekolah Dasar Negeri 1 Sedayu Bantul . Yogyakarta : SKRIPSI Masrukhin . ( 2012 ) . Pengembangan Sistem Evaluasi Pendidikan Agama Islam .

Buku Dasar-dasar Akuntansi Untuk Pemula & Orang Awam

“Accounting is the language of business.” Warren Buffet Akuntansi mempunyai peranan yang sangat penting dalam suatu perusahaan, kemajuan suatu perusahaan dapat dilihat dari proses akuntansi perusahaan tersebut. Jika proses akuntansinya tersusun dengan baik dan benar sesuai dengan bukti-bukti yang ada, maka kemungkinan besar perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang baik, begitu pula sebaliknya. Selain bagi perusahaan, akuntansi juga diperlukan bagi setiap rumah tangga. Dalam rumah tangga, akuntansi berguna dalam hal pengelolaan keuangan rumah tangga yang lebih baik. Buku persembahan penerbit IlmuCemerlangGroup

Akuntansi memiliki peranan yang vital dalam sebuah perusahaan. Hal ini dikarenakan akuntansi memiliki kaitan secara langsung terhadap cashflow. Dan seperti kita tahu, cashflow merupakan nadi sebuah perusahaan.

Akuntansi Manajemen

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Akuntansi Manajemen. Sistematika buku Akuntansi Manajemen ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan penerapan. Buku ini terdiri atas 15 bab yang dibahas secara rinci, yaitu: Konsep Akuntansi Manajemen, Konsep, Penggolongan dan Aliran Biaya, Perilaku Biaya, Biaya Berdasar Aktivitas, Manajemen Berdasar Aktivitas, Biaya Kualitas dan Produktivitas, Biaya Pesanan, Biaya Proses, Biaya Standar dan Analisis Varian, Analisa Biaya-Volume-Laba, Alokasi Biaya, Pengambilan Keputusan Taktis, Pengambilan Keputusan Strategis, Penilaian Kinerja dan Harga Transfer, dan Balance Scorecard.

Pendidikan Kewarganegaraan

Secara yuridis, keberadaan Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi cukup kuat, dan sebagai matakuliah yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa. Hal itu tampak jelas dalam Pasal 37 Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sesuai dengan tuntutan dan perubahan masyarakat di era Reformasi, dalam matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi, telah dilakukan perubahan paradigma menuju paradigma humanistik yang didasarkan pada asumsi bahwa mahasiswa adalah manusia yang mempunyai potensi dan karakteristik yang berbeda-beda. Indikasi ke arah itu tampak dari substansi kajian, strategi, dan evaluasi matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan yang ditawarkan kepada mahasiswa. Hasil pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (civic education) sangat penting, artinya bagi penumbuhan budaya demokrasi di Indonesia. Untuk mencapai tujuan pendidikan kewarganegaraan seperti hal tersebut, sangat dibutuhkan model dan strategi pembelajaran yang humanistik yang mendasarkan pada asumsi bahwa mahasiswa adalah manusia yang mempunyai potensi dan karakteristik yang berbeda-beda. Buku yang ada di tangan pembaca ini, mendukung model dan strategi pembelajaran. Di sini, mahasiswa diposisikan sebagai subjek, sementara dosen diposisikan sebagai fasilitator dan mitra dialog mahasiswa. Materi disusun berdasarkan kebutuhan dasar mahasiswa, bersifat fleksibel, dinamis, dan fenomenologis sehingga materi tersebut bersifat kontekstual dan relevan dengan tuntutan dan perubahan masyarakat lokal, nasional, dan global. Diharapkan dengan demikian, mahasiswa—sebagai pemuda harapan masa depan bangsa—dapat mengembangkan negara dan bangsa dengan ide-ide yang berlandaskan ilmu, wawasan yang luas, serta berdasarkan kepada nilai-nilai dan norma yang berlaku di dalam masyarakat. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Secara yuridis, keberadaan Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi cukup kuat, dan sebagai matakuliah yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa.

PENGANTAR DASAR AKUNTANSI BUKU 1

Teknik dan Konsep Penyusunan Laporan Keuangan

Buku ajar ini dirancang sebagai bahan kuliah pelengkap utamanya di tingkat strata satu (S1). Penulisan buku ini bertujuan untuk melengkapi referensi dan membantu agar mahasiswa mendapatkan bahan ajar dalam mempelajari mata kuliah Pengantar Dasar Akuntansi. Pemahaman yang baik tentang Pengantar Dasar Akuntansi merupakan dasar bagi mahasiswa untuk mempelajari mata kuliah berikutnya yang berhubungan dengan akuntansi seperti Akuntansi Intermediate dan Akuntansi Keuangan Lanjutan, Teori Akuntansi, Akuntansi Biaya dan Akuntansi Manajemen. Materi yang disajikan disesuaikan dengan silabus mata kuliah Pengantar Dasar Akuntansi di Perguruan Tinggi. Dalam buku ini terdapat soal latihan yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan penyelesaian atas permasalahan yang ditemukan dalam akuntansi khususnya menyusun laporan keuangan.

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Alhamdulilah penulis ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmatNya kepada penulis, sehingga dapat menyelesaikan penulisan buku Pengantar Dasar Akuntansi ini. Buku ajar ini dirancang sebagai bahan ...