Sebanyak 20 item atau buku ditemukan

Pendidikan Kewarganegaraan

Secara yuridis, keberadaan Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi cukup kuat, dan sebagai matakuliah yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa. Hal itu tampak jelas dalam Pasal 37 Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sesuai dengan tuntutan dan perubahan masyarakat di era Reformasi, dalam matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi, telah dilakukan perubahan paradigma menuju paradigma humanistik yang didasarkan pada asumsi bahwa mahasiswa adalah manusia yang mempunyai potensi dan karakteristik yang berbeda-beda. Indikasi ke arah itu tampak dari substansi kajian, strategi, dan evaluasi matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan yang ditawarkan kepada mahasiswa. Hasil pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (civic education) sangat penting, artinya bagi penumbuhan budaya demokrasi di Indonesia. Untuk mencapai tujuan pendidikan kewarganegaraan seperti hal tersebut, sangat dibutuhkan model dan strategi pembelajaran yang humanistik yang mendasarkan pada asumsi bahwa mahasiswa adalah manusia yang mempunyai potensi dan karakteristik yang berbeda-beda. Buku yang ada di tangan pembaca ini, mendukung model dan strategi pembelajaran. Di sini, mahasiswa diposisikan sebagai subjek, sementara dosen diposisikan sebagai fasilitator dan mitra dialog mahasiswa. Materi disusun berdasarkan kebutuhan dasar mahasiswa, bersifat fleksibel, dinamis, dan fenomenologis sehingga materi tersebut bersifat kontekstual dan relevan dengan tuntutan dan perubahan masyarakat lokal, nasional, dan global. Diharapkan dengan demikian, mahasiswa—sebagai pemuda harapan masa depan bangsa—dapat mengembangkan negara dan bangsa dengan ide-ide yang berlandaskan ilmu, wawasan yang luas, serta berdasarkan kepada nilai-nilai dan norma yang berlaku di dalam masyarakat. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Secara yuridis, keberadaan Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi cukup kuat, dan sebagai matakuliah yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa.

Pengantar Sosiologi Kapital

Buku Pengantar Sosiologi Kapital ini memberikan suatu perspektif baru sosiologi terhadap berbagai fenomena dan dinamika kapital. Buku ini ditujukan untuk pemenuhan kebutuhan teoretis dan aplikatif berbagai kalangan: para akademisi sosiologi dan ilmu-ilmu terkait (Ilmu Ekonomi, Psikologi, Ilmu Politik, Manajemen, Ilmu Administrasi Publik, Ilmu Administrasi Bisnis, Ilmu Komunikasi, Geografi, Antropologi, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Ilmu Pemerintahan, dan lainnya) serta para praktisi (perencana, peneliti, aparatur pemerintahan, penggiat Lembaga Swadaya Masyarakat, pengamat atau aktor pelaku pemberdayaan). Buku persembahan Prenada Media Group.

Kesemua hubungan tersebut merupakan kekuatan dalam membangun ekonomi dan bisnis di kalangan masyarakat Cina. Kepercayaan yang didasarkan berbagai hubungan ...

Pengantar Sosiologi Pasar

Tiga kekuatan utama yang mengatur, memengaruhi dan mengubah kehidupan umat manusia adalah negara, pasar, dan civil society. Pasar merupakan institusi ekonomi yang menggerakkan produksi, distribusi, dan konsumsi suatu barang dan jasa. Permintaan dan penawaran merupakan kekuatan pasar yang dapat mengubah kehidupan umat manusia. Ketika bandul permintaan dan penawaran pasar Berfluktuasi kencang, maka ketahanan ekonomi masyarakat turut pula bergoyang seirama dengan positif-negatifnya fluktuasi tersebut. Pasar merupakan salah satu kajian penting dalam kehidupan masyarakat modern. Oleh sebab itu, pada beberapa perguruan tinggi menetapkan sosiologi pasar menjadi matakuliah tersendiri dalam kurikulum sosiologi. Sementara pergurua tinggi yang lain menjadikan pasar sebagai pokok persoalan penting dalam sosiologi ekonomi. Dari perkembangan keilmuan, sosiologi pasar, bisa dikatakan sebagai cabang terbaru dari sosiologi, yang bisa dilepaskan dari sosiologi ekonomi.Kehadiran buku Pengantar Sosiologi Pasar tidak terlepas dari reaksi terhadap perkembangan sosiologi di tingkat global di satu sisi; dan perkembangan penelitian yang dilakukan olehberbagai mahasiswa sosiologi dari berbagai strata dan dari bermacam perguruan tinggi di Indonesia, di sisi lain. Buku ini, merupakan tanggapan akademik terhadap perkembangan studi pasar yang begitu pesat. Sementara buku teks atau buku ajar berbahasa Indonesia yang tersedia sangat terbatas, bila tidak bisa dikatakan tidak ada sama sekali. Buku Persembahan Penerbit PrenadaMedia

Dari perkembangan keilmuan, sosiologi pasar, bisa dikatakan sebagai cabang terbaru dari sosiologi, yang bisa dilepaskan dari sosiologi ekonomi.Kehadiran buku Pengantar Sosiologi Pasar tidak terlepas dari reaksi terhadap perkembangan ...

PENGANTAR MANAJEMEN

Buku dengan judul Pengantar Manajemen merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa. Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: 1) Pengertian Dan Fungsi Manajemen, 2) Sejarah Perkembangan Teori Manajemen, 3) Manajer Dan Lingkungan Eksternal Perusahaan, 4) Proses Perencanaan, 5) Menganalisis Pembuatan Keputusan, 6) Pengorganisasian Dan Struktur Organisasi, 7) Penyusunan Personalia Organisasi, 8) Konsep Motivasi, 9) Konsep Kepemimpinan, 10) Konsep Manajemen Konflik, 11) Konsep Pengendalian.

Buku dengan judul Pengantar Manajemen merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa.

Pengantar Sosiologi Ekonomi

Buku ini disusun sebagai pengantar kepada kajian sosiologi uang, sosiologi ekonomi, dan sosiologi pasar dengan fokus pembahasan pada produksi, konsumsi, dan distribusi, serta topik yang berkaitan dengan kapital dan kepercayaan. Komprehensivitas bahasan yan ada dalam buku ini mengantarkan pembaca kepada pemahaman bagaimana sinergisitas antardisiplin keilmuan merupakan hal mutlak untuk memecahkan berbagai masalah ekonomi yang tidak terpecahkan oleh ilmu ekonomi murni. --- Penerbit Kencana Prenadamedia Group

Buku ini disusun sebagai pengantar kepada kajian sosiologi uang, sosiologi ekonomi, dan sosiologi pasar dengan fokus pembahasan pada produksi, konsumsi, dan distribusi, serta topik yang berkaitan dengan kapital dan kepercayaan.

Pengantar Bisnis

Buku ini juga dilengkapi dengan bahan tayang (slide) dalam bentuk power point presentation (ppt) untuk setiap bab. Penyediaan bahan tayang ini diharapkan dapat membantu dosen, fasilitator, atau mahasiswa pada saat membahas setiap bab dalam buku ini. Bahan tayang ini juga bersifat sebagai pemandu. Artinya dosen, fasilitator, mahasiswa, atau siapa pun yang menggunakan bahan tayang ini bisa memodifikasi (menambah atau mengurangi) tanpa bermaksud mengubah maksud. Penyediaan jawaban atas pertanyaan dan bahan tayang itu dimaksudkan untuk menguatkan pencapaian tujuan pembelajar (learning objectives = LO) yang tertera dalam setiap bab. *** Persembahan penerbit Kencana (Prenadamedia Group)

Pada umumnya bentuk organisasi bisnis di dunia ini dibagi menjadi tiga bentuk dasar kepemilikan bisnis yaitu: a. Usaha Perorangan, bisnis yang dimiliki dan ...

Pengantar Bisnis

Edisi 2

Dua belas bab yang dibahas buku ini: Bisnis Kontemporer; Memulai Bisnis; Mengorganisasi dan Mengelola Bisnis; Motivasi dan Kepuasan; Kepemimpinan dalam Bisnis; Mengelola SDM dan Ketenagakerjaan; Manajemen Produksi dan Operasi; Informasi Bisnis; Proses Pemasaran dan Perilaku Konsumen; Produksi dan Penetapan Harga; Distribusi dan Promosi; dan Mengelola Keuangan Bisnis. Substansi isi di setiap bab buku ini dilengkapi pula dengan bahan tayang (slide) dalam format Microsoft PowerPoint yang dapat diunduh dengan memindai QR Code yang disediakan pada setiap awal bab. Penyediaan bahan tayang ini diharapkan dapat membantu para dosen, fasilitator, atau mahasiswa pada saat membahas setiap babnya. Bahan tayang ini sebagai pemandu dan sangat membantu untuk memodifikasi (menambah dan mengurangi) tanpa mengubah substansinya. Buku persembahan Penerbit PrenadaMediaGroup

Dua belas bab yang dibahas buku ini: Bisnis Kontemporer; Memulai Bisnis; Mengorganisasi dan Mengelola Bisnis; Motivasi dan Kepuasan; Kepemimpinan dalam Bisnis; Mengelola SDM dan Ketenagakerjaan; Manajemen Produksi dan Operasi; Informasi ...

Panduan asistensi pendidikan agama Islam

Buku ini berisi panduan untuk menjadi asitensi Pendidikan Agama Islam. Isi dari buku ini yaitu visi dan misi, Standar Operational Procedures (SOP), Silabus kurikulum, petunjuk asisstensi pekanan, dan materi asistensi yang harus dikuasai asisten Pendidikan Agama Islam.

Buku ini berisi panduan untuk menjadi asitensi Pendidikan Agama Islam.

METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL

Kebanyakan orang salah berpersepsi bahwa ilmu dan pengetahuan memiliki kesamaan arti, padahal ilmu dengan pengetahuan adalah dua hal yang berbeda. Ilmu adalah pengetahuan tetapi tidak semua pengetahuan adalah ilmu. Ilmu dan pengetahuan terkadang dirangkum menjadi satu kata majemuk yang mengandung arti tersendiri. Bahkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ilmu disamakan dengan pengetahuan, sehingga ilmu adalah pengetahuan. Namun jika kata pengetahuan dan kata ilmu tidak dirangkum menjadi satu kata majemuk atau berdiri sendiri, akan tampak perbedaan antara keduanya. Berdasarkan asal katanya, pengetahuan diambil dari kata dalam bahasa Inggris yaitu knowledge. Sedangkan pengetahuan berasal dari kata Science. Tentunya dari dua asal kata itu mempunyai makna yang berbeda.

Kebanyakan orang salah berpersepsi bahwa ilmu dan pengetahuan memiliki kesamaan arti, padahal ilmu dengan pengetahuan adalah dua hal yang berbeda.

Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan

Penelitian dalam bidang sosial, pendidikan, kebudayaan dan keagamaan memiliki puluhan tawaran metodologis. Namun demikian, tidak dapat dielakkan adanya pengaruh kuat dari pendekatan dalam penelitian kuantitaif atau kualitatif. Dalam penelitian ilmu sosial, pendekatan kuantitatif dan kualitatif sudah berkembang sekitar tahun 1960-an sehingga para pakar tidak lagi mempersoalkannya. Bahkan, terdapat kecenderungan adanya kesesuaian metodologis terhadap topik penelitian meskipun tidak dimungkiri sebagian pakar khususnya di Indonesia masih terpetak-petak dalam kubu kuantitaif dan kubu kualitatif. Sering kali pakar kuantitatif dalam bidang ilmu-ilmu sosial menjadi fanatik dan bertolak belakang dengan kubu kualitatif yang menganggap pendekatan kualitatif sebagai penelitian yang tidak obyektif, subyektif, tidak representatif, dan tidak reliable. Buku yang terdiri atas delapan bab ini akan mengajak pembaca memahami seluk beluk metodologi penelitian kualitatif dalam ranah pendidikan, sosial, kebudyaan dan keagamaan. Buku ini akan lebih jauh mengulas metode penelitian kualitatif sebagai salah satu tipe penelitian yang tidak kalah populer dan kredibel dengan tipe kuantitatif.

Penelitian dalam bidang sosial, pendidikan, kebudayaan dan keagamaan memiliki puluhan tawaran metodologis.