Menurut Notoatmodjo ( 1998 : 11 ) , ruang lingkup pengembangan sumber daya manusia di dalam suatu organisasi mencakup 3 ( tiga ) pokok kegiatan yang saling berkaitan , yaitu : a . Perencanaan sumber daya manusia . b .
Dalam pembangunan sumber daya manusia , amat penting pula pembangunan di bidang agama , peningkatan peranan wanita , peranan pemuda serta pembangunan anak dan remaja . Pembangunan bidang - bidang lain , baik di bidang ekonomi , hukum ...
apl7585 HC 447 : 54 1784 1990 Sambutan I Buku tentang Prospek Ekonomi Indonesia 1990-1991 dan pengembangan Sumber Daya Manusia ini merupakan terbitan yang keenam kalinya sejak Seminar Prospek Ekonomi Indonesia dihidupkan kembali oleh ...
Penyusunan buku ini pada mulanya dikarenakan saya seringkali memberikan ceramah dalam berbagai kesempatan dan forum , baik di luar maupun di dalam kampus dengan materi pokok masalah peningkatan dan pembinaan sumber daya manusia melalui ...
Buku ini secara teknis menyajikan pendekatan/teknik coaching untuk pemberdayaan dan perubahan individu dan organisasi. Coaching adalah percakapan dua arah namun tetap rileks antara Coach (orang yang memberi coaching) dengan coachee (orang yang menerima coaching) bertujuan untuk menggali potensi coachee dan memaksimalkannya agar lebih berdaya guna kinerjanya. Melalui pendekatan coaching, pemberdayaan karyawan/individu di dalam organisasi akan menjadi lebih efektif dan maksimal karena dapat dilakukan di tengah kesibukan kerja. Buku ini merupakan panduan teknis dengan format buku ajar agar dapat dipahami secara utuh bagi pembaca/pengguna sebagai alat perubahan organisasi dari dalam ke luar atau inside out to change. Hemat saya, pendekatan coaching adalah langkah yang tepat untuk mengawali sebuah perubahan organisasi. Sebab, jika menggunakan coaching, SDM dapat diberdayakan sesuai potensi unik masing-masing karyawan. Untuk dapat memimpin perubahan melalui coaching ini, tentu saja mempersyaratkan pemimpin/manajer memiliki kompetensi coaching (coaching skill for leader) atau leader as coach. Buku ini dapat dijadikan rujukan atau panduan teknisnya, bagaimana pendekatan coaching dilakukan, mulai dari langkah strategis organisasional hingga teknik coaching dilakukan.
Buku ini berisi materi yang dapat digunakan baik oleh tenaga pengajar maupun mahasiswa, serta para pembaca umumnya untuk menambah wawasan berpikir dan ilmu yang berkenaan dengan pengembangan sumber daya manusia di perguruan tinggi. Buku ini berisi 15 Bab yang membahas : Bab 1 Pendahuluan Bab 2 Kebutuhan Manajemen SDM Perguruan Tinggi Bab 3 Proses Manajemen Sumber Daya Manusia Perguruan Tinggi Bab 4 Dosen: Sumber Daya Manusia Perguruan Tinggi Bab 5 Peran Dosen sebagai Sumber Daya Manusia Perguruan Tinggi Bab 6 Produktivitas SDM Dosen Bab 7 Kualitas SDM Dosen Bab 8 Perencanaan Sumber Daya Manusia PT Bab 9 Pengorganisasian Sumber Daya Manusia Perguruan Tinggi Bab 10 Eksistensi Manajemen SDM Perguruan Tinggi Bab 11 Kondisi Pengembangan SDM di Lembaga Pendidikan Bab 12 Tantangan dalam Manajemen SDM Perguruan Tinggi Bab 13 Mengelaborasi Berbagai Tantangan Imternal Perguruan Tinggi Bab 14 Tenaga Pendidik dan Kependidikan dalam Proses Pendidikan Bab 15 Peran Kepemimpinan Puncak Dalam Pengembangan Budaya Kerja
sumber daya manusia; (c) menegakkan kestabilan sumber daya manusia; (d) mengoptimalkan kedisiplinan sumber daya manusia; (e) mengefektifkan pengadaan sumber daya manusia; (f) mengoptimalkan suasana dan hubungan kerja sama yang baik; ...