Sebanyak 27 item atau buku ditemukan

Petunjuk, Perencanaan, dan Pelaporan Penilaian - Kurikulum 2013 Untuk Guru SD

Memiliki kemampuan pengajaran dan penilaian merupakan bagian dari standar kompetensi seorang guru pada ranah profesional dan pedagogi. Namun berdasarkan hasil kajian intensif dari beberapa pelatihan pada sekolah dasar (SD) di Jawa Barat masih meninggalkan beberapa persoalan, salah satunya kemampuan guru dalam mengolah penilaian. Meskipun guru-guru SD sudah melewati masa transisi pada pelaksanaan Kurikulum 2013, namun kenyataannya teknik penilaian yang dilakukan masih memiliki kendala. Kemudian salah satu cara untuk mengukur kemajuan kualitas hasil pembelajaran oleh guru ditentukan oleh sejauh mana terlaksananya sistem penilaian yang komprehensif dan bermutu sesuai panduan Kurikulum 2013 Revisi 2016, mulai dari menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan pengolahan penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh guru. Untuk memahami dan mengimplementasikan penilaian yang komprehensif dan sesuai dengan panduan, melalui buku ini penulis berusaha menyajikan buku petunjuk penyusunan administrasi, mulai dari penyusunan perencanaan, hingga pengolahan administrasi penilaian hasil belajar. Secara substansi pokok pembahasan pada buku ini berisi, perencanaan penilaian berupa kisi-kisi penyusunan soal, penyusunan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS), penyusunan KKM sekolah, penyusunan daftar nilai sikap, penyusunan daftar nilai pengetahuan berupa tes tertulis, tes lisan, dan tes penugasan, juga penyusunan daftar nilai keterampilan berupa tugas proyek, produk dan penilaian keterampilan portofolio, analisis hasil evaluasi, remidial dan pengayaan serta penilaian oleh satuan pendidikan. Di samping itu, dalam buku ini diuraikan cara pengisian rapor. Petunjuk tersebut bertujuan untuk memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian, mengolah dan memanfaatkan hasil penilaian, serta membuat laporan pencapaian kompetensi peserta didik. Secara umum ini buku akan mengarahkan pembaca khususnya guru kepada proses implementasi secara langsung, sehingga para pembaca akan dengan mudah mempraktikkan secara langsung tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, hingga penilaian hasil belajar peserta didik. Mudah-mudahan bermanfaat dalam meningkatkan kinerja serta profesionalisme guru dalam merencanakan, melaksanakan dan mengolah nilai hasil belajar peserta didik. Kami menyadari bahwa buku petunjuk penilaian ini masih perlu penyempurnaan, walaupun telah melalui proses dan prosedur yang tertata. Oleh karena itu, segenap saran dan kritik yang bersifat membangun akan kami terima dengan senang hati. Semoga Buku Bahan Ajar/Modul ini dapat digunakan sebagai salah satu bahan pembelajaran.

Pelaksanaan Pengajaran Remedial Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas II Sekolah Dasar Negeri 1 Sedayu Bantul . Yogyakarta : SKRIPSI Masrukhin . ( 2012 ) . Pengembangan Sistem Evaluasi Pendidikan Agama Islam .